Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Jeda Waktu yang Disarankan untuk Konsumsi Obat Sebelum dan Sesudah Makan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Kesehatan, Lokalzone - Ada obat yang harus diminum sebelum dan sesudah makan. Namun, sebenarnya berapa lama jeda antara waktu minum obat dan makan yang dianjurkan?

Menurut Staf Clinical Research Supporting Unit (CRSU) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr J Hudyono MS, SpOk, MFPM. Jika aturannya sesudah makan, tak masalah obat dikonsumsi langsung setelah makan.

"Tapi kalau sebelum makan, umumnya setengah jam sebelum makan," kata dr Hudyono di sela-sela Pfizer Journalist Class 'Konsumsi Obat yang Aman, Hindari Obat Palsu' di Almond Zucchini, Prapanca, Jakarta Selatan, Senin (31/10/2016).

Mengapa? Dengan jeda waktu 30 menit sebelum makan, diperhitungkan penyerapan obat lebih baik. Meskipun, ada pula obat yang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi perut kosong karena bisa memicu mual.

dr Hudyono menekankan, perhatikan lagi aturan minum obat tersebut. Jika memang harus dihabiskan, misalnya antibiotik, maka habiskan meski merasa dirinya sudah sembuh. Nah, jika obat sisa hendak disimpan, perhatikan anjuran suhu penyimpanannya. Pada jenis obat sirup, bisa disimpan maksimal 6 bulan jika tidak ada perubahan warna, bau, atau rasa.

Apalagi, ketika disentuh tangan, ada risiko kontaminasi pada leher obat. Pada obat strip atau kapsul, bisa disimpan sampai tanggal kedaluwarsa tetapi jangan dikonsumsi jika ada perubahan warna, bentuk, dan bau.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama