Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Papan Selancar Bermesin Jet Pecahkan Rekor Terbang Terjauh
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Teknologi, Lokalzone - Seorang juara jet ski asal Prancis berhasil mencetak rekor melayang menggunakan hoverboard atau papan selancar terbang. Ia berhasil terbang sejauh 2.252 meter, jauh melampui rekor sebelumnya.

Franky Zapata, nama atlet itu, mencatat namanya di Guinness World Records setelah berhasil terbang menggunakan papan selancar Flyboard Air, yang diciptakan oleh perusahaannya sendiri, Zapata Racing, pada 30 April lalu.

Aksi Zapata itu digelar di pesisir pantai Sausset-les-Pins, di Prancis bagian selatan. Zapata terbang di ketinggian 50 meter, diiringi oleh sejumlah perahu motor dan jet ski.

Dengan keberhasilan itu ia memecahkan rekor sebelumnya, yang dipegang oleh Catalin Alexandru Duru, yang hanya mampu terbang sejauh 275,9 meter.

Flyboard Air yang dikembangkan Zapata Racing adalah sebuah papan selancar terbang yang ditenagai oleh "Independent Propulsion Unit". Cara kerjanya mirip dengan Flyboard biasa, yang memanfaatkan semburan air untuk bisa melayang.

Perbedaan Flyboard biasa dengan milik Zapata terletak pada penggunaan mesin jet yang dinamai "Independent Propulsion Unit". Karena menggunakan jet, maka papan selancar terbang Zapata tak dibatasi oleh selang, yang lazim ditemukan pada Flyboard biasa dan berfungsi menyalurkan air ke papan selancar.

Menurut Zapata Racing, Flyboard Air bisa terbang selama 10 menit, di ketinggian maksimal 3.048 meter, dengan kecepatan 150 km per jam. Mesin Flyboard Air, yang bisa menyemburkan kekuatan 250 tenaga kuda, menggunakan bahan bakar minyak tanah. Tangki minyak tanah dipikul di punggung pengendara.

 Selain itu, terdapat pula sepasang mesin yang terletak di kedua sisi Flyborad Air. Fungsi kedua mesin kecil itu, untuk menstabilkan pengendara.

Sayang, Zapata belum memastikan apakah Flyboard Air masih dalam rupa konsep atau sudah bisa dipasarkan secara luas. Perusahaan itu hanya mengatakan bahwa papan seluncur terbang tersebut diciptakan dalam waktu empat tahun.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama