Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Penyelundupan Ratusan Coral dari NTB Digagalkan di Bali
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Bali, Lokalzone - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) kembali menggagalkan upaya penyelundupan produk kelautan berupa terumbu karang (coral) yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Penggagalan itu dilakukan di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, akhir pekan lalu.

Informasi awal adanya coral yang akan dikirim secara ilegal, didapat dari petugas BKIPM Mataram Wilayah Kerja Pototano. Petugas tersebut kemudian pada Sabtu (23/04/2016) mengabarkan kepada petugas BKIPM Denpasar Wilayah Kerja Gilimanuk. Informasi tersebut menyebutkan coral diangkut dalam sebuah bus.

Menurut petugas yang enggan disebutkan namanya itu, bus yang masuk ke Gilimanuk disinyalir membawa hasil perikanan yang bernilai cukup tinggi tetapi tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan, yaitu tidak melaporkan kepada BKIPM di Pototano.

Kemudian, informasi yang masuk itu langsung ditelusuri kebenarannya oleh petugas BKIPM di Gilimanuk yang berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor Gilimanuk dengan cara memeriksa setiap bus yang akan masuk ke dalam pelabuhan.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tersebut, petugas gabungan akhirnya menemukan satu bus berinisial TM yang diketahui membawa 6 (enam) boks coral sebanyak 440 buah dan ditempatkan seluruhnya di dalam bagasi. Coral-coral tersebut diketahui dikirim ke Gilimanuk kepada seseorang bernama Akiong.

Tak menunggu waktu lama, petugas langsung mengamankan biota laut tersebut dan kemudian langsung mengembalikannya ke lautan di Pulau Serangan, Bali, pada esoknya, Minggu (24/4/2016). Pelepasliaran tersebut dilakukan langsung oleh BKIPM Denpasar.

Seperti diketahui, coral adalah biota laut yang masuk kelompok invertebrata dan biasa hidup di perairan dangkal dengan suhu yang hangat dengan perairan yang jernih. Sebaran coral ada di seluruh dunia dan tidak terbatas pada satu wilayah saja.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama