Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Ilmuwan Kembangkan Solar Cell dari Cangkang Udang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

LokalZone - Para peneliti di Queen Mary University of London (QMUL) berhasil mengembangkan solar sel listrik dengan bahan kimia yang berasal dari cangkang udang dan krustasea. Bahan kitin dan kitosan yang ditemukan pada cangkang ini diklaim lebih murah ketimbang logam seperti rutenium—mirip dengan platinum—yang saat ini digunakan untuk pembuatan penghasil tenaga surya berstruktur nano.

Tim peneliti memang sedang mencari cara membuat alat penghasil tenaga surya yang dapat digunakan untuk mengisi tablet, ponsel, jam tangan pintar, dan film semitransparan di jendela. Para peneliti mengolah cangkang krustasea dan udang dengan proses hidrotermal karnonisasi untuk membuat titik-titik kuanton karbon (CQDs).

“Kemudian kami membuat mantel seng nanorods oksida dengan CQDs tersebut untuk menghasil tenaga surya,” kata Joe Briscoe, anggota tim peneliti, seperti dikutip dari Sciencedaily, Senin, 23 Februari 2015.

Dia menuturkan proyek ini menjadi terobosan tenaga surya. Briscoe beralasan, cara ini lebih cepat dan mudah menghasilkan tenaga surya dari bahan yang lebih murah. “Setelah kami meningkatkan efisiensi, teknologi ini dapat digunakan di mana saja selama tersedia cahaya matahari.”

Magdalena Titirici, pakar teknologi material berkelanjutan dari QMUL, mengatakan tim yang dipimpinnya pernah menggunakan biomassa dari ganggang untuk membuat jenis superkapasitor yang dapat menampung listrik dari tenaga surya. “Kami akan mengelaborasi teknologi ganggang ini dengan teknologi yang baru ditemukan.”


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama