Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Dahlan Iskan, Menteri Kelima SBY yang Tersangkut Korupsi
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Lokalzone - Satu lagi menteri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diduga terlibat korupsi. Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan diduga menerima suap. Kasusnya kini ditangani Kajaksaan Tinggi Jawa Timur.

Dari lima orang bekas anggota Kabinet Indonesia Bersatu yang bermasalah dengan hukum, tiga mantan menteri sudah berstatus terpidana dan tengah menjalani masa hukuman. Sementara dua lainnya masih jadi tersangka.

Selain Dahlan, bekas menteri SBY yang masih berstatus korupsi adalah Siti Fadilah Supari. Siti jadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebelum Dahlan dan Siti, ada nama Andi Mallarangeng, Suryadharma Ali, dan Jero Wacik. Ketiganya, menurut pengadilan, terbukti korupsi saat menjabat menteri.

Andi adalah terpidana korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Kabupaten Bogor. Ia menerima suap Rp2 miliar dan US$550 ribu dalam kasus itu.

Atas perbuatanya, hakim menghukum bekas Menteri Pemuda dan Olah Raga itu empat tahun penjara.

Selanjutnya ada nama Jero Wacik. Dia pernah mempimpin dua kementerian berbeda, yakni Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata serta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

Di dua kementerian itu, Jero korupsi dana operasional menteri. Di Kembudpar, Jero menyalahgunakan dana operasional dengan menggunakannya untuk kepentingan pribadi, mulai jalan-jalan bersama keluarga hingga pijat refleksi.

Hal yang sama ia lakukan di Kementerian ESDM saat dipindahkan ke sana. Dana operasional yang dinilai kecil membuat Jero meminta anak buahnya mencari tambahan dana. Salah satunya dari imbalan kegiatan rekanan proyek kementerian. Atas perbuatanya, Jero dihukum delapan tahun penjara.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama