Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » KPK: Tak Mungkin Uang Jalan Sendiri ke Kamar Irman Gusman
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Lokalzone - Istri Irman Gusman, Liestyana Gusman, memberi kesaksian tentang proses operasi tangkap tangan (OTT) yang dialami suaminya dalam sidang praperadilan hari ini. KPK berpendapat bahwa sesuai putusan MA, pemeriksaan pada saat sidang praperadilan hanya masalah formil atau formalitas.

"Dalam pasal 168 dan 169 KUHAP, seorang saksi yang memiliki status perkawinan sebagai istri pemohon seharusnya tidak bisa memberikan keterangan kalau di KUHAP, demikian pasal 55 menyebutkan dalam pemeriksaan pokok istri atau suami harus ada persetujuan terdakwa dan penuntut umum," kata Kabiro Hukum KPK Setiadi di PN Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2016).

"Jadi kapasitas sebagai saksi bagi kami tidak begitu amat penting, yang kami di luar yang memiliki hubungan darah," lanjut Setiadi.

Menurut Setiadi, apa yang disampaikan oleh Liestyana sebagai saksi hanya sekadar informasi.

Terkait tidak adanya surat penangkapan saat OTT yang disebut oleh Liestyana Gusman, Setiadi berpendapat bahwa petugas KPK saat melakukan OTT sudah sesuai prosedur dan ketentuan KUHAP, bahwa ada pihak pemberi dan penerima dan yang bersangkutan membenarkan telah membawa atau menerima bingkisan atau hadiah dalam bentuk apapun.

"Karena OTT tidak mewajibkan adanya surat itu (penangkapan), kalau kami balik dulu ke kantor lagi ya hilang kesempatan itu," tuturnya.

Dalam kesaksiannya, Liestyana mengatakan bahwa bungkusan berisi uang Rp 100 juta yang diterima suaminya berbentuk bingkisan. Liestyana membantah membawa uang tersebut ke lantai 2 rumahnya dan hanya menyentuh uang saat membuka bingkisan tersebut setelah Irman menyuruh membawa bingkisan tersebut turun.

"Masalah uang menurut keterangan penyidik bahwa bingkisan atau bungkusan itu beda, bungkusan belum tentu bingkisan, tapi kalau bingkisan sudah pasti bungkusan, bungkusan dibawa ke atas dan dalam perjalanan turun dibuka dan itu sesuai dengan pertanyaan penyidik, tidak mungkin uang itu jalan sendiri pasti ada yang bawakan, siapa yang bawa dari lantai 1 ke lantai 2 kan," tutupnya.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama