Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Guru di Magelang Gunakan Skype untuk Mengajar
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Teknologi, Lokalzone - Pemanfaatan teknologi pada bidang pendidikan merupakan hal yang cukup banyak ditemui pada saat ini. Pasalnya, dengan kemajuan teknologi berbagai hal dapat diakses dengan mudah, terlebih generasi sekarang sudah lebih akrab dengan yang namanya teknologi.

Salah satu yang unik adalah apa yang dilakukan oleh Eko Purwanto, guru SDN Wonokerto Magelang. Dimana guru ini membuat sebuah kelas virtual dengan memanfaatkan aplikasi video Skype.

Dirinya memanfaatkan aplikasi ini untuk mengajar anak didiknya tentang materi yang sedang dibahas, semisal mengenai sejarah Candi Borobudur.

"Dengan langsung berada di lokasi, para murid jadi lebih antusias karena dapat melihat objeknya langsung melalui video. Bahkan pertanyaan yang terlontar juga jadi lebih banyak," ujar Eko, baru-baru ini, di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Dirinya menambahkan, dengan pemanfaatan teknologi ini saya jadi bisa mengajar di berbagai sekolah karena memang jadi lebih fleksibel tidak hanya terpaku di kelas. Bahkan saat ini dirinya mengajar tidak hanya di satu sekolah.

Selain itu, lewat cara ini guru juga dimungkinkan untuk berkolaborasi dalam proses belajar mengajar. Jadi, para guru dapat langsung berkolaborasi melakukan pendalaman materi yang dianggap perlu diisi oleh guru dari sekolah lain.

"Pengajar dari kota berbeda dapat langsung mengajar di kota lain apabila memang diperlukan. Hal ini jelas lebih efisien dan hemat biaya," tambahnya.

Dikonfirmasi berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pembelajaran dengan metode ini. Dia menjelaskan, biaya jadi lebih efisien dan tidak memakan banyak biaya. Setiap bulannya hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli paket data dan itu sudah bisa mengajar di beberapa sekolah.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama