Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » » Polda Bali Lakukan Pemusnahan Terhadap Berbagai Jenis Narkoba
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

LokalZone - Pemusnahan barang bukti berbagai jenis Narkoba ini dilakukan bertepatan dengan peringatan HUT Bhayangkara yang ke-69 di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Rabu (1/7/2015). Kapolda Bali Irjen Pol Dr. Ronny F Sompie,SH., MH., usai pemusnahan barang bukti menjelaskan, seluruh barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti yang memiliki kekuatan hukum putusan pengadilan dari Dit Narkoba Polda Bali dan jajaran Polres dari seluruh wilayah hukum Polda Bali dari tahun 2014 sampai dengan 1 Juli tahun 2015. 

"Polri mendapat tugas untuk melakukan pemusnahan dari barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap dari jaksa eksekutor," ujarnya.

Ada pun barang bukti yang dimusnahkan antara lain Sabhu-sabhu 2.177,32 gram, MDMA 306 butir, Hasish 99,37 gram, Ganja 5.194 gram, Kokain 7,8 gram, MDVP 62,18 gram. Total nilai dari semua barang bukti tersebut senilai Rp 4,7 miliar. Selain dipasok dari lokal, berbagai barang bukti tersebut diperoleh dari beberapa negara seperti Malaysia, Cina, India, Belanda, Afrika dan New York. Polanya bermacam-macam antara lain melaui bea cukai, pengiriman via Kantor Pos dan Fedex tetapi dengan alamat yang tidak lengkap dan penerima yang tidak jelas. Selebihnya merupakan temuan dan penangkapan dari aparat di jajaran Polda Bali.

Menurut Kapolda, untuk mengantisipasi penyalahgunaan oleh oknum aparat yang tidak bertanggungjawab maka pemusnahan dilakukan di depan umum. Para pejabat yang hadir antara lain perwakilan Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, dari Bea Cukai, Gubernur Bali, Pengadilan Negeri, Ketua Ombudsman Bali, dan beberapa perwakilan lainnya.

"Yang dimusnahkan hanya sampel saja secara simbolis. Sementara barang bukti lainnya akan dibuang di tempat yang tidak terjangkau dan akan dicampur dengan zat kimia tertentu sehingga berbagai jenis narkoba tersebut tidak bisa dipakai lagi," ujarnya.

Penggunaan bahan kimia dilakukan untuk menawar berbagai khasiat bahan narkoba sehingga tidak dapat digunakan lagi.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama