Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » » Pura Dalem Desa Kedis Dirusak Orang Tak Dikenal
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Kedis, Pura sebagai tempat yang sakral bagi umat beragama hindu dicoreng oleh tangan - tangan yang tidak bertanggung jawab dengan cara melakukan aksi pengrusakan membabi buta di areal pura yang keramat tersebut.

Kejadian yang menimpa Pura Dalem Adat Kauh Desa Kedis Kecamatan Busungbiu tersebut pertama kali diketahui oleh Jro Mangku Ketut Sukranama dan Jro Mangku Ketut Widita Jumat (8/3/2013) sekitar pukul 08.00 wita, dimana saat itu keduanya yang baru memasuki areal pura justru melihat sisa - sisa pengrusakan.

Setelah dilakukan pengecekan menyeluruh diketahui beberapa bagian pura seperti : pelinggih jero ketut rusak pada bagianjempong, pelinggih mrajapati yang berupa naga rusak pada bagian kepala, patung singa rusak pada bagian sayap kiri, dan patung asugaplong patah pada bagian kepala.

Akibat kejadian tersebut diperkirakan kerugian yang dialami akibat aksi pengerusakan pura tersebut mencapai sepuluh juta rupiah. Dan kejadian pengerusakan tersebut langsung dilaporkan ke Mapolsek Busungbiu dan kasusnya masih dalam penyelidikan secara intensif dari satuan Reskrim Polsek Busungbiu dan hingga saat ini masih belum diketahui motif pelaku melakukan pengrusakan di pura tersebut.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama