Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Jepang Kembangkan Lengan Bionik yang Beroperasi Menggunakan Smartphone
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

LokalZone - Kegunaan sebuah smartphone saat ini memang tak hanya bisa dipakai untuk sarana komunikasi. Sebuah smartphone kini juga bisa digunakan sebagai penghubung dengan perangkat elektronik lainnya. Bahkan bisa pula dipakai sebagai penghubung untuk sebuah lengan bionik yang bernama Handii. 

Lengan bionik ini merupakan hasil pengembangan sebuah perusahaan Jepang bernama Exii. Cara kerjanya, lengan bionik tersebut memanfaatkan sebuah smartphone sebagai perantaranya. Dengan sebuah aplikasi yang ada di smartphone, maka lengan bionik ini pun bisa melakukan berbagai jenis gerakan selayaknya sebuah tangan asli.
Lengan bionik Handii tersebut dilengkapi dengan sensor EMG yang selanjutnya bisa mendeteksi gerakan otot dan saraf. Selanjutnya, sinyal hasil tangkapan sensor tersebut akan diolah oleh aplikasi khusus di smartphone yang pada akhirnya akan menerjemahkannya menjadi gerakan-gerakan tertentu.

Menariknya lagi, lengan bionik ini dibangun dengan menggunakan teknologi printer 3D. Harapannya, teknologi printer 3D tersebut memudahkan produksi massal dari peralatan elektronik yang satu ini. Terlebih harganya pun dikabarkan tidak kurang dari 300 USD.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama