Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Keunikan Budaya, Alasan Kunjungan Wisatawan ke Bali
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Bali, Lokalzone - Ketua Konsorsium Riset Pariwisata Universitas Udayana, Agung Suryawan Wiranatha menyebutkan berdasarkan kajian Pusat Penelitian Budaya, Universitas Udayana (Unud), wisatawan yang berlibur ke pulau dewata baik domestik maupun asing termasuk di Denpasar tertarik karena keunikan budaya Bali.

"Khusus untuk wisatawan asing (wisman) lebih dari 60 persen datang ke Bali karena budaya,” ujarnya di sela sela persiapan Musyawarah Cabang (Muscab) II Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badan Pimpinan Cabang (BPC) Kota Denpasar Senin (17/10). Muscab akan diselenggarakan pada Jumat, (21/10)

Karena itu lanjut Agung Suryawan, budaya harus menjadi perhatian karena menjadi daya tarik utama wisata di Kota Denpasar, termasuk wilayah lainnya di Bali. Pihaknya berharap, ke depannya pengurus PHRI Denpasar, mampu menjaga basis budaya dalam penerapannya ke industri pariwisata.
Sementara itu, Ketua PHRI BPC Kota Denpasar, Ida Bagus Gede Sidharta Putra, menjelaskan keunikan pariwisata Denpasar terdiri dari dua hal, yakni resort dan city.

"Denpasar memiliki keragaman budaya, dan banyak sekali sejarah tentang Denpasar yang menjadi ibu kota Bali, ini tidak dimiliki kota atau kabupaten lainnya," jelasnya.

Ia pun setuju dengan pelestarian budaya sebagai basis pariwisata, karena selama ini budaya menjadi sumber keunikan Denpasar dan Bali. Agenda rutin 5 tahun sekali ini, akan membahas beberapa hal, seperti pemilihan Ketua PHRI BPC Denpasar, serta sebagai ajang evaluasi dan refleksi proses perjalanan PHRI BPC Kota Denpasar dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Bertema "Mewujudkan Pariwisata Kota Denpasar yang Kreatif dan Berbudaya" Muscab ini diharapkan mampu menjembatani pemikiran - pemikiran tentang pengembangan pariwisata Kota Denpasar, khususnya pada industri pariwisata. Selain itu Muscab juga untuk wadah konsolidasi dari organisasi.

"Kita berharap kepariwisataan Kota Denpasar, kedepannya bisa menjadi industri dengan bangsa pasar berkualitas. Mengingat kontribusi persentase Pajak Hotel dan Restoran (PHR) terhadap Kota Denpasar cukup besar. Dari total PAD Kota Denpasar, PHR menyumbang 76,19 persen pada tahun 2014," kata Agung Suryawan yang juga Ketua Streering Commite (SC) Muscab PHRI II Kota Denpasar ini.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama