Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Ini Cara Agar Lebih PD Berbicara di Depan Umum
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Entrepreneur, Lokalzone - Bekerja menuntut kita untuk mampu berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, bahkan klien. Dalam menjalin interaksi ini, seringkali kita dituntut untuk memberikan ide-ide segar yang berguna untuk perkembangan perusahaan.

Nah, untuk memberikan ide-ide ini, kita membutuhkan kepercayaan diri untuk dapat berbicara di depan khalayak ramai. Sebab, tidak peduli sebagus dan secemerlang apapun ide yang kita miliki, jika kita tidak memiliki kepercayaan diri dan keberanian untuk mengungkapkannya kita akan terdengar terlalu nervous saat menyampaikan ide kita, ide tersebut tidak akan terdengar cukup impresif bagi rekan kerja, atasan, bahkan klien kita.

Akan sangat disayangkan  jika hal tersebut terjadi ya So, untuk menghindari hal ini terjadi cobalah beberapa tips berikut agar Anda terdengar lebih percaya diri saat berbicara di depan umum.

Tenang dan Pelan
Dilansir dari laman greatist.com, saat terlalu gugup, kita cenderung berbicara lebih cepat dan tidak beraturan sehingga apa yang kita sampaikan akan terdengar seperti ocehan tidak jelas. So, pelankan speed bicara Anda dan berusahalah untuk tampil setenang mungkin sehingga ide Anda dapat didengar dengan baik.

Bernafas
Gugup akan membuat speed bicara kita menjadi tidak beraturan, dan kita akan cenderung berbicara terus menerus tanpa jeda. Hal ini akan memberikan kesan ketidaksiapan Anda di hadapan lawan bicara Anda dan tentu, menunjukkan bahwa Anda tidak PD. Bayangkan jika Anda harus mempresentasikan ide untuk menarik klien dan Anda harus bersaing dengan perusahaan lawan. Tentu kondisi ini akan sangat merugikan Anda dan perusahaan Anda,kan? So, jika Anda terlalu gugup untuk berbicara di depan umum, cobalah untuk memberikan jeda pada kata-kata yang Anda sampaikan.

Berdiri Tegap
Postur tubuh yang bagus akan menunjukkan kepercayaan diri saat Anda harus berbicara di depan umum. Berdiri tegap adalah salah satu postur tubuh yang sangat disarankan saat Anda harus memberikan presentasi di depan umum. Selain menujukkan rasa percaya diri yang kuat, postur berdiri tegap juga akan membuat Anda tampak lebih berkharisma.
 
Practice Makes Perfect
Jika Anda ingin tampil lebih percaya diri saat harus berbicara di depan umum, latihlah bicara Anda berulang-ulang di depan cermin. Latihan ini akan membuat Anda lebih percaya diri saat harus menghadapi situasi sebenarnya.

Nah, itulah tips agar Anda bisa tampil lebih PD saat berbicara di depan umum. Selain mencoba mempraktikkan tips ini, yang tidak boleh Anda lupakan saat berbicara di depan umum adalah jadilah diri sendiri. Sebab, menjadi diri sendiri akan membuat Anda lebih nyaman, dan rasa nyaman inilah yang nanti akan membantu Anda untuk merasa lebih percaya diri.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama