Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » 4 Tips Diterima Kerja Meski Belum Punya Pengalaman Profesional
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Entrepreneur, Lokalzone - Sudah lulus dan punya gelar, sekarang saatnya terjun ke dunia kerja. Tapi ternyata cari kerja itu susah. Banyaknya persaingan dan lapangan kerja yang makin sempit membuat setiap individu harus berjuang lebih keras untuk bisa mendapat sebuah posisi di perusahaan.

Apalagi kalau kamu belum punya pengalaman kerja profesional sebelumnya. Wah, sungguh bakal butuh usaha ekstra untuk bisa sukses diterima kerja di perusahaan impianmu. Tapi nggak perlu cemas dulu, Ladies. Kamu masih punya peluang kok untuk diterima kerja di perusahaan idaman sekalipun belum punya pengalaman.
 
Tonjolkan Kemampuanmu di Luar Bidang Akademik
Punya pengalaman organisasi? Pernah jadi relawan? Pernah ikut terlibat menyelenggarakan sebuah acara? Semua pengalaman itu bisa jadi nilai plusmu, Ladies. Tonjolkan kemampuanmu di luar bidang akademik. Buktikan kalau kamu tak hanya sibuk belajar di kelas selama kuliah, tapi juga praktik langsung belajar terjun di masyarakat.
 
Sebutkan Prestasimu yang Paling Gemilang
Kalau kamu pernah menjuarai kompetisi atau lomba tertentu, itu bisa jadi kelebihanmu tersendiri. Atau mungkin kamu pernah berhasil meraih beasiswa tertentu? Itu juga bisa membuat kualifikasi dirimu lebih menonjol dibandingkan orang lain. Prestasimu sekecil apapun itu bisa jadi nilai tambah bagi dirimu.

Minta Rekomendasi dari Orang Lain
Sekalipun kamu belum pernah punya pengalaman kerja profesional, tapi pasti ada dong seseorang yang pernah terlibat denganmu dalam mengerjakan sesuatu. Sebagai contoh, kamu bisa minta bantuan ketua dari organisasi yang pernah kamu ikuti untuk memberi rekomendasi. Atau bisa juga minta surat rekomendasi dari dosen pembimbing skripsimu. Surat rekomendasi itu akan sangat membantu orang yang mewawancaraimu untuk mengetahui karakter dan kepribadianmu lebih utuh lagi.
 
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu Sesuai dengan Posisi Pekerjaan yang Ditawarkan
Gali info lebih dalam tentang posisi pekerjaan yang ditawarkan. Lalu tunjukkan kemampuan terbaikmu yang sesuai dengan kebutuhan posisi tersebut. Mungkin kamu punya banyak kelebihan dan pengalaman. Tapi tak semuanya harus disebutkan atau dituliskan dalam CV dan surat lamaran. Pilah dan pilih yang sekiranya bisa memberi peluang lebih besar dirimu akan dilirik dan jadi kandidat terkuat untuk mendapat pekerjaan tersebut.

Mencari pekerjaan yang tepat memang perjuangan, Ladies. Selain harus bersaing dengan banyak kandidat, zaman sekarang lapangan pekerjaan yang tersedia juga makin sedikit dan orang-orangnya juga makin kompetitif. Tapi pasti akan selalu ada jalan untuk kesuksesan yang kamu impikan asal mau terus berusaha.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama