Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » 7 Tips Jitu Atasi Mual Karena Mabuk Perjalanan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Kesehatan, Lokalzone - Menjelang liburan, banyak orang pasti sudah mempersiapkan perlengkapan dan keperluan untuk berlibur. tapi terkadang untuk berlibur ada saja halangan salah satunya adalah mengalami mabuk perjalanan.

Jika kamu atau anggota keluarga termasuk yang sering mengalaminya, maka kamu perlu membaca tips berikut ini, agar bisa mengatasi mabuk perjalanan saat berlibur.

Posisi Duduk
Jika kamu naik kapal laut, maka pilih kabin tengah agar saat kapal bergoyang, kamu tetap merasa nyaman. Namun terkadang ada juga yang lebih baik melihat ke luar jendela dan terkena angin saat naik kapal agar tak terasa makin pusing. Ambil posisi menghadap ke depan atau duduk saja di bagian luar kabin, jadi kamu bisa melihat pemandangan.
 
Jika naik bis, usahakan dapat tempat duduk yang menghadap depan dan di samping sopir, atau di samping jendela. Jika naik kereta usahakan dapat  tempat duduk satu arah dengan jalannya kereta. Rilekslah saat duduk, jangan terlalu tegang dan berpikir mabuk, karena hal ini justru membuatmu gampang mual.

Sarapan
Penting sarapan dulu sebelum berangkat perjalanan jauh. Jangan biarkan perut kosong karena lambung justru akan memproduksi asam yang berlebihan. Hal inilah yang akan membuatmu cepat merasa mual dan mabuk. Tapi juga jangan terlalu banyak makan. Makan dalam porsi sedang.
 
Pilihan Makanan
Hindari makan makanan berlemak, produk susu atau jus yang terasa asam. Sangat dianjurkan mengonsumsi teh hangat atau wedang jahe hangat untuk mencegah rasa mual. Kamu juga bisa mengunyah permen jahe atau mint yang segar untuk menghilangkan rasa enek.
 
Jangan Membaca
Jika kamu kira dengan membaca buku berarti kamu bisa mengalihkan rasa mual dan pusing di dalam kendaraan, kamu salah. Baca buku justru akan membuat kamu mudah merasa mual. Jika jenuh, dengarkan musik dan nikmati pemandangan hijau di luar jendela mobil.
 
Cukup Udara
Pastikan kamu mendapat udara cukup di dalam kendaraan, udara pengap dan berbau campur aduk adalah pemicu utama rasa mual dan mabuk perjalanan. Duduk dekat jendela, pilih kendaraan AC, cari tempat longgar dan lain sebagainya.
 
Tidur
Tidur dalam perjalanan akan sangat membantu mengalihkan rasa pusing dan mual saat perjalanan. Posisikan tubuh dalam keadaan rileks, baik itu duduk atau berbaring. Jika perlu bawalah sebuah bantal traveling yang nyaman dan mudah dibawa-bawa.
 
Minum obat anti-mabuk
Cara terakhir ini paling ampuh. Minum saja obat anti mabuk. Namun risikonya, kamu akan mudah mengantuk. Jika melakukan perjalanan jauh sendirian, sebaiknya kamu hindari. Jika membawa barang-barang berharga dan kamu tertidur lalu tasmu digeledah dan dicuri, kamu bisa jadi tidak tahu.

Kamu juga bisa membawa minyak kayu putih atau minyak lainnya yang membantumu mengatasi rasa mabuk perjalanan. Itu dia sekian tips mengatasi mabuk perjalanan.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama