Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Manfaat Teknologi Dalam Bisnis
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Wirausaha, Lokalzone.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat dan banyak manfaat yang bisa kita peroleh. Salah satunya adalah dalam dunia bisnis, di dunia bisnis teknologi berperan banyak dalam perkembangan perusahaan pelaku bisnis. Dibawah ini adalah beberapa manfaat teknologi dalam dunia bisnis:
1. Teknologi Sebagai Media Promosi

Teknologi saat ini yang sudah lazim untuk digunakan sebagai media promosi adalah internet, karena di internet sudah tersedia banyak sekali media yang dapat digunakan sebagai media promosi, contohnya Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi medianya. Penggunaan internet ini akan lebih berguna untuk bisnis dibidang perdagangan karena para pengusaha dapat dengan mudah memasarkan produk – produknya.
2. Komunikasi yang Lebih Lancar

Dalam bisnis jelas diperlukan komunikasi yang lancar agar tidak terjadi salah paham dari manajer kepada para bawahannya, tetapi bagaimana jika sang manajer dan karyawannya berada ditempat yang berbeda? Nah disinilah teknologi mengambil peran lagi. Dengan perkembangan tekonologi yang semakin canggih dapat membantu dalam komunikasi, seperti adanya email, skype, fax, telephone, yang sangat memudahkan komunikasididalam perusahaan.

3. Kecepatan Transaksi

Pembayaran secara cash sekarang sudah mulai mendapat saingan, selain melakukan pembayaran melalui kartu kredit, teknologi sekarang juga menawarkan pembayaran secara online atau sering kita dengar dengan istilah online banking. Ketika seorang pembeli ingin memesan barang untuk bisnisnya, dia bisa melakukan pembayaran melalui media online, bisa melalui nomor hp nya, atau melaui internet, cepat, praktis dan tetap aman sepanjang mengikuti prosedur yang ada, menarik bukan?

4. Jangkauan Pasar Luas

Salah satu manfaat IT dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakukan. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari banyak SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk mengepakkan sayap dan memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.

5. Menghemat Biaya

Kemajuan teknologi dapat membantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya. Hal tersebut dapat membantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksinya sehingga mereka bisa mencapai prinsip ekonomi dimana mereka dapat mendapatkan keuntungan yang besar dengan hanya mengelurkan pengeluaran yang sedikit. Manfaat IT yang lainnya yaitu mengurangi operasional setiap perusahaan sehingga hal ini dapat menambah jumlah produksi setiap perusahaan dalam memproduksi barang produksinya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi setiap perusahaan terutama bagi mereka yang sudah menerapkan teknologi yang canggih dalam perusahaannya.

6. E- Business

Dengan kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa inovasi yang sangat menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai ranah bisnia yang sangat menguntungkan bagi semua orang. Salah satu bukti nyata bisnis baru yang merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi adalah Google. Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet. Hal yang paling penting adalah, Google meraup banyak keuntungan dari hal tersebut.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama