Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Air Pernah Menutupi Seperlima Mars
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

LokalZone - Peta baru air di atmosfer Mars mengungkap bahwa Planet Merah itu kemungkinan pernah memiliki cukup air untuk menutupi sampai seperlima dari planet itu. Menurut para ilmuwan. Penelitian lebih lanjut untuk memperbaiki peta tersebut dapat membantu memandu upaya untuk mengidentifikasi reservoir bawah tanah di Mars.

Meskipun permukaan Mars saat ini dingin dan kering, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa sungai, danau, dan laut menutupi Planet Merah itu miliaran tahun yang lalu. Karena ada kehidupan hampir di mana pun ada air cair di Bumi, beberapa peneliti telah menyatakan bahwa kehidupan mungkin telah berevolusi di Mars saat basah, dan kehidupan bisa berada di sana saat ini, yang tersembunyi di akuifer bawah tanah.

Banyak hal masih belum diketahui tentang bagaimana Mars kehilangan air dan berapa banyak air cair mungkin masih berada di reservoir bawah tanah. Salah satu cara untuk memecahkan misteri ini adalah untuk menganalisis jenis molekul air di atmosfer Mars.

Biasanya, molekul air masing-masing terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Namun, salah satu atau kedua atom hidrogen tersebut dapat diganti dengan atom deuterium untuk membuat air deuterated. Deuterium, seperti hidrogen, memiliki satu proton, tetapi juga salah satu neutron.

Air deuterated lebih berat dari air biasa, sehingga berperilaku berbeda. Sebagai contoh, akan lebih mudah untuk air biasa untuk menghilang dari Mars, karena dapat menguap lebih mudah di atmosfer Mars. Radiasi matahari dapat memecah air ini menjadi hidrogen dan oksigen, dan hidrogen kemudian dapat menghilang ke luar angkasa.

Dengan mempelajari rasio deuterium ke hidrogen dalam air Mars, peneliti menyatakan mereka bisa memperkirakan berapa banyak total air Planet Merah itu yang pernah dimiliki. "Kami sekarang bisa mendapatkan perkiraan yang cukup kuat berapa banyak air yang hilang di planet ini," kata penulis utama studi, Geronimo Villanueva, seorang ilmuwan planet di NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, kepada Space.com, sebagaimana dikutip Mashable, Sabtu, 7 Maret 2015.

Berdasarkan temuan mereka, para ilmuwan memperkirakan bahwa Mars mungkin memiliki air yang cukup untuk menutupi 20 persen dari planet itu sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Mereka menyatakan Planet Merah itu masih bisa memiliki reservoir air bawah tanah yang besar.

Para ilmuwan merinci temuan mereka secara online pada 5 Maret di jurnal Science.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama