Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Rawan Kecelakaan, Warga di Gitgit Lakukan Ritual Keagamaan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Lokalzone - Banyaknya kecelakaan lalu lintas yang merenggut korban jiwa di wilayah Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada membuat warga setempat memilih untuk menempuh jalan secara niskala berupa ritual keagamaan, pemelaspas pelinggih dan pecaruan manca sanak madurga pada hari Minggu (21/12/2014) yang juga bertepatan dengan tilem kanem. 

Menurut penuturan warga, secara niskala hal ini berawal sebuah fenomena seringnya terjadi kerauhan / kesurupan warga yang meminta dipertigaan Pumahan Desa Gitgit dibangun pelinggih. Dan hal ini direspon oleh Desa Gitgit yang terdiri dari dua Desa Pakraman yaitu Desa Pakraman Gunung Luwih Gitgit dan Desa Pakraman Pumahan dengan membangun pelinggih di tempat yang diminta.

"Pembangunan pelinggih hingga melaspas dan pecaruan menghabiskan dana sekitar dua puluh lima juta, prosesi ini dilakukan mengingat seringnya ada masyarakat yang kerauhan atau kesurupan agar ditempat tersebut dibuatkan pelinggih," papar Kelian Desa Pakraman I Made Rida Spd.

Selain itu dirinya juga mengungkapkan semenjak tahun 1979 hingga 2014 sedikitnya dua puluh lima orang telah meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi dipertigaan tersebut.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama