Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Operasi Zebra Berakhir, Upaya Polisi Tekan Angka Lakalantas Tetap Lanjut
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Lokalzone - Operasi Zebra 2014 yang dilaksanakan selama 14 hari berakhir sudah, dalam operasi itu setidaknya aparat Kepolisian dari Jajaran Polres Buleleng telah berhasil menurunkan angka kecelakaan termasuk kerugian materiil mencapai Rp 40 juta jika dibandingkan dengan sebelum operasi dimulai.

Dari data yang diperoleh di Mapolres Buleleng diketahui hasil perbandingan data Operasi Zebra tahun 2013 dan 2014 terjadi tren yang menurun, jumlah kecelakaan turun dari 10 kasus menjadi 3 kasus di tahun ini. Jumlah yang meninggal tetap 2 orang, luka ringan turun dari 16 orang menjadi 12, sedangkan rugi materiil turun dari Rp 9 juta menjadi Rp 6,6 juta.

Jika dibandingkan dengan 14 hari sebelum dimulainya operasi tren yang sama juga terjadi dimana saat sebelum operasi terdapat 15 kasus laka dan saat operasi zebra hanya 7 atau turun sekitar 53%. Korban meninggal dunia sebelumnya ada 5 orang menjadi 2 orang, sedang untuk luka berat naik dari tidak ada menjadi terdapat 1 orang, luka ringan terjadi penurunan dari 20 orang menjadi 12 orang atau sekitar 40%, dan untuk kerugian materiil juga terjadi penurunan secara signifikan dari Rp 47.600.000 menjadi hanya Rp 6.600.000 atau turun sebesar 86%.

Sedangkan untuk angka pelanggaran yang ditindak dengan tilang baik di tahun 2013 dan 14 hari sebelum operasi terjadi peningkatan. "Untuk penindakan pelanggaran terjadi kenaikan sebesar 107% jika dibandingkan dengan tahun 2013, dari angka 268 menjadi 554 dan sebelum operasi juga ada peningkatan dari 311 menjadi 554 atau naik 78%. Ini bisa dipicu beberapa faktor yang mempengaruhi seperti jumlah pengendara yang meningkat seperti kanrena jumlah penduduk dan peningkatan infrastruktur jalan dengan adanya perbaikan-perbaikan yang semakin baik," papar Kasat Lantas Polres Buleleng AKP  I Nengah Patrem, Rabu (10/12/2014) di ruang kerjanya.

Selain tindakan tegas berupa tilang aparat Kepolisian juga memberikan teguran simpatik kepada 42 orang pelanggaran ringan seperti helm tidak di klik atau SIM yang mati dan diminta untuk segera memperpanjang.

Walau Operasi Zebra telah dinyatakan usai namun upaya-upaya menekan angka kecelakaan akan tetap dilakukan satuan Lalulintas Polres Buleleng, salah satunya dengan mengandeng mitra kerjanya yakni Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng, "Kita akan berkoordinasi dengan rekan di Dishub untuk turun bersama melakukan mengevaluasi keberadaan rambu-rambu yang rusak, melakukan penambahan rambu  atau bisa juga pengajuan penambahan traffic light," ujar Patrem.

Pihaknya juga sangat berharap adanya kerjasama dan pengertian dari masyarakat untuk mendukung upaya Kepolisan dalam hal menekan angka kecelakaan sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (kanseltibcar) lalulintas di Kabupaten Buleleng bisa tercapai.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama