Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » » Desa Kerobokan Beri Sanksi Adat Kasepekan Terhadap Dogol
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

(Situasi Saat Paruman Desa Kerobokan)
Lokalzone - Aksi yang dilakukan Gede Agustana alias Dogol (46), warga Dusun Dalem, Desa Kerobokan Kecamatan Sawan, senin (28/10/2013) dengan mengamuk, merusak, melakukan penganiayaan disertai ancaman rupanya tidak saja harus berurusan dengan sanksi hukum tetapi juga sanksi adat berupa Kasepekan atau pengusiran. 

Pasalnya sejumlah warga sepertinya sudah tidak dapat mentolerir ulah Dogol, bahkan dalam paruman Desa yang diadakan selama dua hari berturut-turut, kemarin dan pagi tadi, Selasa (29/10/2013) menyepakati pemberian sanksi adat berupa Kasepekan / pengusiran terhadap Dogol dari Desa Kerobokan.

Beberapa point yang menjadi pertimbangan warga Desa hingga memberikan sanksi tersebut lantaran Dogol yang sudah melakukan penganiayaan, pengancaman, membuat keresahan warga serta pengerusakan tempat suci berupa Jero Gede dan sarana upacara tigabulanan milik Wayan Suartana Yasa yang sedang menggelar upacara tigabulanan.

Dalam keputusan paruman tersebut juga menegaskan paling lambat besok, Rabu (30/10/2013) paling pukul 16.00 wita  sudah keluar dari Desa Kerobokan. Apabila tidak diataati pihak Desa akan mendatangi rumah Dogol dan memintanya keluar dengan paksa karena hal ini sudah putusan final dan tidak bisa ditolerir.

Pihak Kepolisian saat ini sedang melakukan pendalaman terhadap laporan kasus penganiayaan yang dilaporkan korban, Nyoman Yasa alias Nersi  (45), selain itu juga polisi bersama Muspika tengah menyikapi keputusan Desa Adat Kerobokan yang memberikan sanksi Kasepekan / pengusiran terhadap pelaku.

“Kita masih melakukan upaya pendekatan dengan pihak-pihak terkait dan polisi sendiri telah melakukan penanganan secara hukum terhadap kasus penganiayaan yang dilaporkan,” ungkap Kapolsek Sawang AKP Nyoman Kartika.

Surat keputusan Paruman Desa Kerobokan :


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama