Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » » Jika Tidak Dilestarikan Danau Buyan Terancam Tinggal Nama
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

LokalZone - Kondisi Danau Buyan di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada sangat memprihatinkan hingga terancam hilang 20 tahun mendatang dan hanya tinggal kenangan saja apabila tidak dilakukan langkah-langkah perlindungan melalui konservasi akibat ancaman pedangkalan.

Hal itu diungkapkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, Jumat pagi (10/5/2015) dalam Gerakan Danau Bersih di Danau Buyan dalam rangka Hari Air dan Hari hutan Internasional yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2015 yang diikuti oleh PNS,TNI, Polri, Pelajar, Pramuka dan Warga setempat.  

"Kondisi Danau Buyan saat ini sudah sangat memprihatinkan, bahkan bila tidak dilakukan langkah-langkah penyelamatan seperti kegiatan Gerakan Danau Bersih Lestari, Danau Buyan akan tinggal nama saja dan Bali tidak lagi memiliki kantong-kantong sumber air untuk kehidupan," papar Gubernur Mangku Pastika.

Gubernur Pastika juga mengatakan untuk menyikapi permasalahan yang dihadapi Danau Buyan harus dilakukan penelitian ahli danau untuk memastikan agar Danau Buyan tetap lestari sembari melakukan aksi konservasi terhadap lingkungan disekitar Danau Buyan. 

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa Pemkab Buleleng sudah berupaya untuk melakukan langkah-langkah penyelamatan pelestarian dari Danau Buyan. "Salah satu upaya penyelamatan Pemkab dengan menyelenggaran kegiatan Festival Lake Buyan yang mampu menggugah kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dan kebersihan Danau Buyan," kata Bupati yang murah senyum itu.

Untuk diketahui bersama, berdasarkan data dari Badan Lingkungan Hidup Propinsi Bali menyebutkan, Danau Buyan secara visual telah mengalami tekanan yang sangat berat dan mengarah pada degradasi termasuk mengalami pedangkalan, dimana pada tahun 1987 kedalamannya diperkirakan 86,7 meter dengan luas 3,7 Kilometer dan saat ini kedalaman Danau Buyan mencapai 79,7 meter dengan seperempat permukaannya ditutupi gulma atau enceng gondok.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama