Select Menu
Buah Unggul
Diberdayakan oleh Blogger.

Buleleng

Bali

Teknologi

Lifestyle

Nasional

Videos

» » » Awas, Mabuk Saat Menggusung Ogoh-Ogoh Langsung Ditindak !
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

LokalZone - Pawai ogoh-ogoh yang yang kerap kali berubah menjadi kericuhan di masa lalu rupanya membuat aparat keamanan harus berpikir keras, bahkan sempat terhembus sebuah wacana untuk meniadakan kegiatan ini. Namun karena banyaknya permintaan, tradisi ini pun tetap berjalan dengan syarat mengedepankan Desa Adat dan tindakan tegas bagi perusuh.

"Di rapat awal ogoh-ogoh mau dihilangkan, tetapi karena permintaan dari masyarakat ogoh-ogoh untuk tetap dilaksanakan pada tanggal 20 nanti. Sehingga kami minta kepada masing-masing perbekel di wilayah Buleleng ini untuk bertanggung jawab atas pelaksanaan pawai ogoh-ogoh ini," papar Kapolres Buleleng AKBP Kurniadi, Rabu (18/3/2015).

Rencannya di beberapa Desa akan diadakan perlombaan kreatifitas ogoh-ogoh dan untuk pengamanan serta pengawalan peran pecalang dan Desa adat akan lebih dikedepankan sedangkan dari Kepolisian akan lebih fokus menjaga titik pertemuan untuk menghindari gesekan antar warga. 

"Peran pecalang akan lebih dikedepankan dan nantinya anggota akan lebih banyak ditempatkan di tempat-tempat pertemuan pawai atau di perbatasan Daerah / Desa," kata Kapolres Kurniadi.

Sedangkan salah satu target operasi untuk menjaga kamtibmas Buleleng nantinya, Polres Buleleng masih berupaya untuk menekan peredaran Miras dan penggunaan lomloman / meriam bambu dengan melaksanakan sweping dan razia di sejumlah tempat. Bahkan tidak tanggung-tanggung jika kedapatan mabuk saat menggusung ogoh-ogoh nantinya akan langsung ditindak tegas.

"Pada saat pawai ogoh-ogoh nanti yang paling pertama dilihat adalah penggusungnya, kalau kedapatan atau ada laporan warga ada yang mabuk atau membawa minuman beralkohol sehingga terindikasi akan menggangu ketertiban prosesi pawai ogoh-ogoh itu saya pastikan mereka akan diamankan di Polsek," kata Kapolres Kurniadi.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama