Select Menu

Posting Lebih Baru
Previous
Posting Lama

LokalZone - Kini perjalanan dari Denpasar ke Singaraja, khususnya kawasan Lovina, bisa di capai dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini mengingat jalur 'short-cut' dari Wanagiri ke arah Lovina melalui Desa Selat sudah di perbaiki. Dalam kondisi lalulintas yang tergolong lancar, jika anda ke Lovina melalui jalur biasa lewat Git Git, dari kawasan puncak, paling tidak anda butuh sekitar 1,5 jam. Lain cerita jika ada bis atau truk besar di depan anda maka perjalanan akan memakan waktu berlipat lipat, baik dari puncak ke arah Lovina maupun sebaliknya.

Dengan dibukanya kembali jalur desa Selat anda bisa menghemat waktu di kisaran 40 sampai 60 menit. Bayangkan selisihnya hampir dua kali lipat. Sebagai bonus, anda akan disuguhkan sebuah pemandangan yang eksotis sambil menikmati hangatnya kopi disalah satu warung pinggir jalan.

Dari kawasan puncak dimana terdapat banyak gerai bakso di sebelah kanan jalan (setelah melewati danau Tamblingan) maka ambilah arah ke kiri dimana tikungannya lumayan tajam. Anda akan melewati warung Bukit Hexon kemudian setelah beberapa menit akan melewati warung Nerike. Sekitar lima menit kemudian terdapat pertigaan yang di sebelah kanannya terdapat baliho "Munduk Moding Plantation" - sebuah resort perimum yang memiliki pemandangan eksotis. Dari pertigaan ini anda masih harus berkendara sekitar lima menit lagi maka ambil arah ke kanan di bundaran pertama. Hanya beberapa ratus meter dari sini anda akan melewati resort tadi. Jalan terus hingga menemui satu bundaran lagi dan ambilah arah ke kanan. Di pertigaan selanjutnya ambil arah kiri, kalau lurus anda akan menuju desa Tegallinggah. Dalam kurun waktu kurang lebih tigapuluh menit anda akan tiba di sebuah persimpangan; kalau lurus akan menuju desa Anturan, ambilah arah ke kiri dimana anda akan muncul di daerah Kalibukbuk.

Jalur ini belum banyak di manfaatkan oleh warga Singaraja. Sesekali anda akan bertemu dengan turis luar negeri yang suka berpetualang menggunakan sepeda motor. Salah satu tantangan jalur ini adalah tanjakannya yang lumayan curam dan agak panjang. Saya pernah melaluinya dengan mengendarai Karimun Estilo dengan total lima penumpang, pulang pergi, dan kami tidak mengalami masalah sama sekali. Artinya, mobil bermesin lebih besar mestinya bisa melaluinya dengan lebih sigap.

Tidak di sarankan buat pengendara motor matic jika berboncengan dan masing masing memiliki bobot setara pemain Sumo. Motor matic membutuhkan landasan pacu yang lebih panjang untuk mendaki tanjakan yang curam.

Sebagai tambahan, saat saya melibas jalur ini dari Wanagiri ke arah desa Selat saya hanya butuh 30 menit dan kemudian di tambah 5 menit lagi untuk mencapai Lovina. Kalau anda hendak bepergian ke kawasan Lovina maka jalur ini layak di pertimbangkan. Jangan lupa pakai sabuk pengaman atau helm standar klik buat pengendara sepeda motor.